skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Artikel Penyakit Miom

Artikel Penyakit Miom

Penyakit miom adalah salah satu jenis penyakit tumor pada otot rahim dan merupakan sel tumor jinak yang banyak tumbuh di dinding rahim dan juga vagina yang tumbuh pada wanita dan didalam periode atau masa produktif. Penyakit miom yang semakin berkembang dengan cepat dan juga ada yang semakin berkembang lebih lambat tergantung dari kondisi kesehatan tubuh dan juga dari tingkat kesehatan pada setiap orang yang berbeda-beda. Tetapi kebanyakan kasus penyakit miom tidak berbahaya, dan tidak ada hubungannya dengan resiko penyakit kanker rahim, walaupun segala kemungkinan dari terjadinya penyakit miom bisa saja terjadi, namun hanya beberapa kasus miom saja yang berubah menjadi penyakit kanker.

 

Penyebab terjadinya penyakit miom sebagai berikut:

  1. Faktor usia

Penyakit miom dan penyebabnya yang pertama akibat dari faktor usia. Miom banyak ditemmukan pada usia reproduktif sekitar 20% dan untuk wanita yang diatas 50 tahun maka resikonya meningkat menjadi 50%.

  1. Faktor keturunan

Penyakit miom dan penyebabnya yang selanjutnya adalah faktor keturunan atau genetik. Wanita yang mempunyai garis keturunan di tingkat pertama dan juga utnuk penderita miom yang punya 2,5 kali resiko mengalami penyuakit miom daripada mereka yang tidak mempunyai garis keturunan.

  1. Hormon estrogen

Penyakit miom dan penyebabnya yang selanjutnya adalah akibat dari konsentrasi hormon estrogen didalam jaringan miom yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan pada miometrium normal yang paling utama di fase proliferasi dan juga pada masa menstrtuasi.

  1. Faktor obesitas

Penyakit miom dan penyebabnya yang selanjutnya adalah akibat faktor obesitas atau kelebihan berat badan.

  1. Makanan

Penyakit miom dan penyebabnya yang selanjutnya adalah karena makanan. Dengan mengonsusmi daging setengah matang maka hal ini akan menyebabkan potensi terjadinya penyakit miom menjadi semakin tinggi. Tetapi sayuran hijau akan membantu menurunkan potensi ini. Selain itu, hal yang harus dilakukan adalah dengan menghindari jenis makanan yang diawetkan yang bisa menjadi pemicu dari timbulnya penyakit miom dan gejalanya.

  1. Merokok

Kebiasaan buruk merokok adalah salah satu penyebab dari terjadinya penyakit miom.

 

Gejala-gejala penyakit miom adalah :

  • Nyeri pinggul
  • Rasa penuh dibagian perut
  • Konstipasi atau susah buang air besar
  • Penekanan dibagian panggul
  • Pendarahan saat haid dan diluar haid
  • Munculnya penekanan di saluran indung telur yang menyebabkan kesulitan hamil pada wanita
  • Ada rasa kenyal terasa dibagian bawah perut
  • Gangguan susah buang air besar dan buang air kecil
  • Penyakit anemia
  • Dll

Untuk kasus penyakit miom yang tidak menunjukkan gejala, maka kemungkinan tidak memerlukan pengobatan. Dan untuk penyakit miom yang kecil maka biasanya akan menyusut sendiri. Pertumbuhan dari sel di miom tidak bersifat kanker dan kondisi seperti ini biasanya sangat jarang sekali mengganggu kehamilan.

 

Dibawah ini merupakan obat untuk penyakit miom:

  1. Kontrasepsi oral (Pil KB)

Kegunaan dari obat ini adalah bisa membantu menghambat sel telur supaya tidak dilepaskan dari ovarium yang berguna untuk membantu mencegah kehamilan. Dan selain itu juga kegunaan dari pil KB dapat membantu meringankan gejala pendarahan yang berlebih dan juga membantu untuk mengurangi rasa sakit haid.

  1. Levonorgestrel intrauterine system (LNG-IUS)

merupakan suatu alat yang terbuat dari plastik dan diletakkan didalam rahim. Alat ini fungsinya adalah untuk mengeluarkan hormon progesteron yang disebut dengan levonorgestrel dengan perlahan. Dan dengan menggunakan alat ini, maka akan membantu melambatkan pertumbuhan dari dinding rahim supaya lebih tipis dan pendarahan yang menjadi lebih sedikit lagi. Fungsi alat ini juga bertindak sebagai alat kontrasepsi dan akan berhenti jika Anda sudah tidak menggunakannya lagi.

  1. Asam traneksamat

Untuk Anda yang masih inginĀ  hamil, maka Anda dapat mengonsumsi obat traneksamat. Dan fungsi dari obat ini adalah untuk membantu menyebabkan terjadinya penggumpalan darah didalam rahim. Dan obat ini bukanlah alat kontrasepsi sehingga tidak bisa membantu mencegah kehamilan.

  1. Obat anti inflamasi non steroid (OAINS)

Obat ini dapat diminum dengan fungsi utnuk menghentikan dan juga mengurangi terjadinya pendarahan. Obat ini bisa menghalangi tubuh untuk memproduksi senyawa prostaglandin, yang berhubungan dengan menstruasi berlebihan. OAINS ini merupakan salah satu obat yang digolongkan ke dalam obat meredakan sakit.

  1. Norethisterone oral

Obat jenis ini adalah obat untuk menghasilkan hormon progesteron buatan manusia yang berfungsi untuk membantu mengurangi haid atau menstruasi berlebih. Dan fungsi dari obat ini adalah untuk membantu mencegah dinding rahim tumbuh dengan lebih cepat.

  1. Progesteron suntuk

Mempunyai fungsi yang sama yang bisa membantu mencegah dinding rahim tumbuh lebih cepat dan membantu mengatasi pendarahan haid berlebih. Kegunaan dari obat ini adalah untuk alat kontrasepsi.

  1. Gonadotropin releasing hormone

Merupakan obat yang akan membantu memproduksi hormon estrogen yang lebih sedikit dan kegunaannya akan membantu menyusutkan dan mengecilkan miom yang berada didalam tubuh. selain itu, kegunaan obat ini juga akan membantu meredakan haid dan menstruasi.

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.