skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri Penyakit Miom Pada Wanita

Ciri Penyakit Miom Pada Wanita

Miom merupakan penyakit pada wanita yang menyerang dinding rahim. Penyakit ini ditandai dengan munculnya nyeri pada pinggul atau perut, dimana perut akan terasa penuh seperti sedang hamil. Akibat tekanan pada kandung kemih, wanita penderita miom sering mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Untuk mengatasi ataupun menghindari penyakit ini, ada beberapa ciri-ciri miom dan penyebab miom pada rahim yang patut anda kenali dan waspadai, seperti berikut.

 

Ciri Ciri dan Gejala Penyakit Miom Pada Wanita

  1. Menstruasi Terasa Menyakitkan

Memang miom tidak mengubah siklus menstruasi. Namun miom dapat menyebabkan pendarahan menjadi berlebihan, memperpanjang masa menstruasi, dan menimbulkan rasa sakit yang lebih dari biasanya.

  1. Nyeri Saat Berhubungan Intim

Tumbuhnya miom di sekitar vagina menimbulkan nyeri saat berhubungan intim.

  1. Sering Buang Air Kecil

Saat kemunculan miom semakin menekan kandung kemih, penderita miom akan semakin sering buang air kecil.

  1. Nyeri Pada Perut

Munculnya miom yang berukuran cukup besar menyebabkan perut terasa tidak nyaman. Selain perut, punggung bawah dan kaki juga terasa nyeri.

  1. Konstipasi

Konstipasi terjadi saat miom menekan usus besar.

  1. Mandul

Penderita miom bisa kehilangan masa kesuburan sebesar 10-40%, sehingga tidak jarang menyebabkan kemandulan & keguguran.

 

Penyebab Miom Pada Rahim Wanita

 

  1. Penyebab utama munculnya miom adalah rangsangan hormon estrogen. Besarnya reseptor estrogen pada jaringan miom yang melebihi jaringan otot kandungan, menyebabkan miom tumbuh dengan cepat saat masa kehamilan, semakin besar saat reproduksi, dan akan mengecil saat menopause.
  2. Infeksi pada rahim dapat memicu pertumbuhan miom, meski operasi pengangkatan miom sudah dilakukan. Untuk mencegah hal ini terjadi, penderita miom harus menjaga kesehatan organ intim agar bakteri tidak dapat memasuki rahim.
  3. Wanita dengan obesitas, mengingat hormon estrogen juga ikut meningkat seiring dengan peningkatan berat badan. Dibandingkan wanita kurus, wanita gemuk memang lebih beresiko memiliki miom.
  4. Faktor keturunan. Biasanya wanita yang memiliki ibu atau saudara perempuan yang memiliki miom cenderung akan memiliki miom juga pada rahimnya.
  5. Kebiasaan buruk seperti banyak mengkonsumsi alkohol dan daging merah daripada sayur dan buah.

 

Pengobatan Miom Pada Wanita

Setelah mengetahui ciri-ciri miom dan penyebab miom pada rahim, mari simak cara pengobatan miom berikut. Jika miom tidak menimbulkan gejala, bisa jadi tidak diperlukan pengobatan. Karena miom akan menyusut dan hilang sendirinya saat wanita memasuki masa menopause. Pertumbuhan sel pada miom juga tidak bersifat kanker. Adapun pengobatan miom dilakukan untuk meringankan gejala. Namun bila pengobatan tidak menunjukkan hasil positif, kemungkinan akan dilakukan tindakan operasi yaitu miomektomi dan histerektomi.

Miomektomi atau operasi pengangkatan miom rahim

Operasi ini harus dipertimbangkan bila wanita tersebut masih berusia muda ataupun masih ingin memiliki anak. Setelah operasi miomektomi, pasien diminta untuk menunda kehamilan hingga 6 bulan karena kondisi rahim masih rapuh. Selain itu, pasien juga harus mempertimbangkan komplikasi miomektomi yaitu berupa pendarahan.

Histerektomi

Operasi pengangkatan rahim secara keseluruhan ini harus dipertimbangkan jika pasien sudah tidak ingin melahirkan lagi.

Jika penyakit miom terus dibiarkan, penderita akan mengalami gangguan kehamilan seperti sel telur yang sulit dibuahi sperma. Jika pembuahan terjadi, kemungkinan besar akan terjadi gangguan pada pertumbuhan bayi, seperti perkembangan bayi tidak sempurna, letak bayi yang salah, dan sulit dilahirkan. Umumnya penyakit miom menyerang wanita yang berusia 30 tahun ke atas dan dapat menimbulkan gangguan rahim yang serius. Oleh karena itu, miom harus segera disembuhkan agar organ reproduksi dapat kembali sehat dan aktivitas sehari-hari dapat dijalani dengan normal. Itulah sedikit ulasan mengenai ciri-ciri miom dan penyebab miom pada rahim serta pengobatannya. Semoga bermanfaat.

Apa Itu CancerCare?

CancerCare adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kanker. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat CancerCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

CancerCare memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membuang racun dalam darah, menghalangi sel kanker agat tidak melakukan pembelahan diri, memberantas sel kanker tanpa merusak sel sehat lainnya.